Trip in Ternate Part 2

Halo guys, back to my journey and i came back to explore my vacation last day ago. Ok trip ke dua ini adalah edisi liburan dan tidak ada sangkut paut ama kerjaan gue. Jadi, selama 2 hari gue akan mensharing pengalaman gue apa aja yang gue lakuin di Ternate.

Berangkat siangnya dari Kota Weda tempat kerja gue bersama seorang teman menuju kota Ternate yang ditempuh selama kurang lebih 3 jam dengan menempuh perjalanan darat dan laut. Sesampai di Ternate hal yang pertama kita cari adalah penginapan. Jadi, kita nginap di homestay untuk ukuran kamar ya 3x3 plus udah kamar mandi dalam, full AC, dan TV. Selang beberapa lama gue istirahat maklum kecapean dijalan dan kita juga mau mandi dulu sebelum keluar jalan-jalan. Malamnya barulah kita keluar dan kita gunakan mobil kantor karena kebetulan mobil kantor lagi di servis di Ternate jadi sekalianlah kita pakai keliling kota. Hal yang pertama kita lakuin cari makan di salah satu mall yang unggulnya kota Ternate karena cuma ada 2 mall saja di Ternate.

Sesampai di Jatiland Mall kita makan di KFC karena udah malas cari tempat makan ditempat lain. Sehabis makan gue langsung capsus keliling kota, awalnya mau cari tempat nongki tapi kebetulan ada tempat menarik yang kita lihat saat melewati pinggiran pantai letaknya dikawasan Mangga Dua, ada Dermaga dengan tulisan besar "KOTA TERNATE" dan sangat bagus untuk bersantai sejenak. Ternate Bay atau anjungan kota ternate sangat menarik sebagai kawasan publik untuk bersantai dan melepas kepenatan.

Lokasi :Ternate Bay atau Kawasan Anjungan

Setelah kita selesai bersantai, mengobrol, dan hunting foto untuk upload di Instagram, gue lanjut mencari tempat yang asyik buat nongkrong. Malam saat itu sudah menjelang pukul 11.00 pm, mencari cafe di kota Ternate itu susah2 gampang karena kita butuh 30 menit lebih untuk dapat cafe yang buka 24 jam. Akhirnya kita dapat cafe yang menarik dan gue lupa nama cafenya tapi cukup unik dengan konsep eksterior dimana dinding cafe di lukis dengan gambar2 kartun dan kata-kata tentang coffee.

Cafe in Ternate 24 Hours lokasi depan Mega Mall Ternate

Keesokan harinya gue berangkat menuju Puncak yang bisa ngelihat view langsung dari atas Danau Ngade atau istilah kerennya Laguna Lake. Jadi kawasan wisata ini menjadi kawasan terpopuler buat anak-anak muda Ternate. Ini yang menjadi hitz karena pemandangannya yang betul amazing view guys. Lu akan disuguhi oleh pemandangan yang menghadap ke danau sekaligus laut dan pulau-pulau disekeliling Kota Ternate. Ini menjadi destinasi favorit gue dimana lu akan berdiri ke sebuah jembatan kayu yang tiangnya hanya terbuat dari kayu dan dibawahnya jurang. Ini juga menjadi uji adrenalin lu bagi yang takut ketinggian.

Lokasi : Puncak Danau Ngade/Laguna

Puas banget gue disini, trus gue bersama teman-teman gue turun menuju danau untuk makan siang. Dibawahnya itu ada rumah makan terapung yang nyediakan makanan seafood yang segar karena ikannya berasal dari ikan tawar yang sudah ditampung di danau tersebut. Suasananya sangat sejuk dan nyaman. Tempat ini rekomendasi banget buat lu guys yang pengen cari ketenangan atau inspirasi. Lokasinya gak jauh juga dari tempat puncak danau ngade tadi. Harga makanan restoran terapung juga cukup terjangkau kebetulan kami mengambil paket yang harganya 135 ribuan, isi paketnya itu 7 ikan air tawar bersama lalapannya. Jadi, disni terserah lu bisa milih ikannya mau dibakar atau digoreng. View dari tempat ini kebalikan dari tadi guys, jadi waktu lu dipuncak ngelihat laut nah disini lu akan disuguhi pemandangan ke puncak tadi dan gunung Gamalama dimana gunung itu merupakan gunung berapi yang statusnya masih aktif.

Lokasi : Resto Danau Laguna/Ngade

Setelah dari situ, lanjut lagi guys kita menuju ke kebun cengkeh. OK, mungkin dari kalian berpikir apasih bagusnya di kebun cengkeh secara cuma pepohonan biasa. Tapi, pas gue kesana tempatnya tuh keren dan betul-betul natural. Kebun cengkeh itu sangat rapi pepohonannya dengan rumput yang hijau membuat pandangan menjadi segar dan dapat menghilangkan penat. Kebetulan itu hari gue bawa novel jadi pas banget tuh membaca dibawah pohon cengkeh dengan suasana yang asri banget. Gue bisa bebas berimajinasi ditempat ini. Suasana hati gue langsung tenang banget kayak gak ada beban sama sekali padahal pekerjaan dikantor numpuk banget. Hehe..... :D

Tempat ini sangat cocok buat hunting bikin foto instagram lu makin keceh. Tips saat kesini coba aja lu ngarahin kamera lu kebawah dengan spot gambar lu ambil dari bawah dan pandangan ke pohon dan awan. Lu seakan-akan seperti di Jepang guys seperti saat musim salju pohon cengkehnya terlihat seperti pohon sakura yang tidak berbunga.

Japan in Ternate wkwkw :p

Tadaa.... ini cuma akting lu guys gak usah serius amat. HIIHIII
(Lokasi : Kebun Cengkeh Gambesi)

Next, kita menuju ke wisata sejarah, Kota Ternate ini dikenal dengan banyak bentengnya karena dulunya kota ini adalah bekas dari penjajahan portugis. Kota ternate memiliki Ratusan Benteng tapi yang masih bertahan sekarang hanya 13 Benteng. Gue hanya mengunjungi satu benteng saja yaitu benteng Toloko. Benteng ini gue dapat rekomendasi dari travel blog yng gue baca. Katanya lokasi benteng ini sangat bagus karena berada diperbukitan dan viewnya langung ke laut dan gunung.

Benteng ini bentuknya sangat unik kayak istana Inggris gitu guys diapit oleh 2 tower dan masuk kesana kita harus melewati ratusan anak tangga. Haha (Just kidding gak sebanyak itu juga kok anak tangganya). Lokasi benteng ini juga dekat banget dengan bandara bagus banget tuh hunting saat pesawat yang sedang lewat bikin tambah kece aja instagram lu. Tapi lu harus sabar nunggu karena bandara ternate gak seramai lalu lintas dibandara internasional di kota-kota besar. lu hanya lihat sekali2 pesawat melintas. Saat itu pas gue datang kebetulan ada pesawat melintas, gue gak sempat ngetake gambar, ya gue nungguin deh sambil baca-baca novel yang gue bawa. Udah lama gue nunggu, pesawatnya gak lewat2 juga. Terpaksa dek gue cabut dari tempat itu nah pas gue dimobil pesawat tiba-tiba melintas. Yaelah gue kecewa banget ini pesawat PHPin gue banget bikin baper gak guys. Ditungguin gak lewat gak ditungguin lewat. HIKzz Hikzz.... oke, gue harus move on.

Lokasi : Benteng Toloko

ini gue lagi nungguin pesawat yang mau melintas tapi di PHPin. :'(

Ini cuma akting loh guys gak usah ditanggapi serius haha

Untuk menghilangkan kegalauan gue nih yang udah di PHPin ama pesawat tadi, malamnya gue menuju Puncak Moya. Puncak yang satu ini menyuguhi pemandangan yang beda lagi guys karena viewnya akan terasa bagus saat malam. Puncak Moya ini seperti Bukit Bintang yang ada di Malang atau Jogja dimana lu bisa ngelihat kota Ternate yang cantik dengan cahaya lampu. Disini juga tersedia gazebo-gazebo dan warung sederhana buat lu ngopi dan sambil melihat pemandangan kota ternate saat malam. Paa banget buat lu yang galau dan nyari ketenangan kayak gue yang sudah di PHPin ama pesawat sakitnya Tuh disini banget. HIkz.. HIkzz. Buat para jomlblowers gak disarankan ketempat ini saat malam minggu. Lu bakalan tambah baper karena disini banya banget anak ABG yang lagi mesra-mesraan dan kasmaran. Bukannya lu jadi tenang tapi tambah sakit dan galau. Dan kebetulan waktu itu gue datang saat malam minggu, bukan malah sembuh sakit gue tapi tambah sakit banget guys. Udah di PHPin tambah ngelihat ABG Labil Pacaran rasanya pengen banget lempar mereka ke jurang. Tapi, jangan lakuin itu juga guys cukup dipendam aja sakit lu dan berdoa sapa tau dikabulkan, doa orang teraniaya kan kemungkinan bisa terkabulkan. Lah emang jomblowers teraniaya ya, kayaknya sih gitu Teraniaya batin. Wkwkwkwkw....

Lokasi : Puncak Moya

Itulah guys traveling gue selama 2 hari berada di Kota Kerajaan Islam, semoga artikel ini bermanfaat buat kalian. Jangan lupa koment ya tempat menarik apa lagi yang menarik untuk dikunjungi. See you next time in my journey.
Buat para jomblowers daripada lu terus di PHPin gebetan mending lu eksplore tempat menarik sekitaran lu kecuali klo lingkungan dan kehidupan sekitar lu pahit. WKWKK just kidding guys. Setidaknya ada yang bisa lu lakuin dan bermanfaat bagi orang banyak.

Sekian and Wassalam. :D

Budget :
1. Tiket Masuk ke Puncak Danau Ngade : Rp 5000/orang, parkir motor : Rp 5000/mobil : Rp10.000
2. Free tiket masuk dan parkir ke danau ngade, makan di resto Rp 135.000/paket buat 3 orang.
3. Free tiket masuk kebun cengkeh lu cuma perlu bayar parkir Motor : Rp5000/Mobil : Rp 5000
4. Tiket masuk ke benteng Toloko : Rp 5000/orang
5. Parkir di Puncak Moya Motor Rp 5000/ Mobil 10.000
6. Penginapan Homestay 175.000/malam, fasiltas 2 kasur, Kamar mandi dalam, AC, dan TV