12 Tempat Yang Bisa Dikunjungi di Kota Balikpapan

Assalamu alaikum Wr Wb, Selamat menunaikan ibadah puasa ya guys, gue berdoa buat kalian semua agar puasanya lancar dan bebas hambatan dari segala godaan manusia2 terkutuk. (Bebas hambatan lu kira jalan tol.. wkwwkkw😅) Ok, gue akan mensharing pengalaman gue selama bekerja di Balikpapan dan apa aja yang gue udah kunjungi selama 8 bulan berada di Kota Minyak ini.

Pusat Kota Balikpapan

Kota Beriman (Bersih, Indah, Nyaman)

Kota Balikpapan, siapa sih yang gak tau kota ini. Kota ini berada di kawasan kalimantan timur dikenal juga sebagai kota minyak. Lu tau gak guys 60% lahan kota ini dimiliki oleh Pertamina. Gimana gak kaya nih perekonomian kota kalau sumber pendapatan daerahnya dari hasil minyak bumi, selain dikenal sebagai kota minyak, balikpapan juga termasuk kota dengan biaya hidup tertinggi di Indonesia walaupun begitu kota ini menjadi Kota Ternyaman untuk ditinggali. Selama berada di kota ini gue takjub banget guys ama kebersihan kota ini, pengemis pun tidak ada sama sekali berkeliaran di kota ini. Sayangnya kendala dari kota ini susahnya air bersih dan kadang sering padam listrik juga.  Tapi, soal kenyamanan hunian emang no.1 deh guys. Sesuai dengan slogan kota ini BERIMAN (Bersih, Indah, Nyaman). Warga Balikpapan itu pada tertib dan taat lalu lintas. Disini lu bisa lihat mereka bawa kendaraan gak asal serempet-serempetan dan warganya mau mengalah dalam berkendara. Kalau nyaman ngapain juga gue resign dari tempat kerja gue. Okay, selain karena pendapatan gue yang pas-pas-an, biaya hidup yang tinggi juga yang membuat gue resign dari tempat kerja gue. Gue gak bisa mengatur keuangan gue selama disini dan terus ada aja godaan buat uang gue cepat ludes tinggal di kota ini. Itu sih salah gue sendiri juga gak bisa mengatur keuangan dengan bijak. Maklum gue masih muda jadi masih bisa tergoda. 😂😂😂 

So, kali ini gue akan sharing tempat yang pernah gue kunjungi selama di Balikpapan. Ada banyak tempat sih yang dapat dikunjungi di kota ini tapi gue hanya akan sharing trip gue ketempat yang pernah gue kunjungi. SO THIS IS IT................

1. Taman Bekapai

Taman bekapai ini berada di pusat kota balikpapan. Salah satu sclupturenya yang unik yang berada di tengah taman ini merupakan landmark dari kota ini. Taman ini akan sangat cantik pada malam hari karena dihiasi dengan lampu-lampu warna warni dan hiasan air mancur. Fasilitas taman ini juga kita bisa menikmati wifi gratis. Kapan lagi dapat anugrah (Anu Gratis) dikota kaya ini. Hehe #PenikmatGratisan. Taman ini cocok sekali untuk bersantai dan dipinggir taman ini banyak jajanan makanan dan minuman yang bisa anda beli.


Lokasi : Taman Bekapai

2. Taman 3 Generasi

Taman 3 Generasi ini berada dikawasan balikpapan baru tepatnya di kawasan jalan ring road. Taman ini sangat lengkap dengan fasilitas olahraganya guys. Taman ini memiliki area jogging dan juga tempat refleksi kaki batu timbul buat para warga yang memiliki masalah kesehatan. Selain sebagai tempat bersantai, taman ini juga memiliki penangkaran burung merpati, kita bisa memeberikan makanan kepada burung merpati yang bisa dibeli ditaman ini. Taman ini sangat membuat kita nyaman dan betah berlama-lama disini. Seperti di taman bekapai tadi, taman 3 generasi ini juga banyak menjual jajanan disekitaran pinggiran taman. Selain itu, taman ini juga sangat cantik pada malam hari karena terdapat tanaman-tanaman hias disekitarnya yang bisa menyala pada malam hari.

And We Love You Juga Balikpapan (APAANSIH???)😒

Taman 3 Generasi

kayak diluar negeri gak guys banyak burung merpati gitu

Apa Lu Lihat2 Manusia Aneh  😓😓😓

3. Lapangan Merdeka

Buat lu guys yang suka jogging di hari minggu, ini pilihan buat lu ke lapangan merdeka. Tidak jauh dari Taman Bekapai lu tinggal lurus terus, dapat deh lapangan ini. Lapangan ini juga gak kalah kayak lapangan karebosi di makassar dimana tiap hari minggu banyak orang yang berkumpul dilapangan ini untuk sekedar olahraga jogging, bermain bola, ataupun wisata. Lapangan ini tiap hari minggu banyak penjual-penjual dadakan yang menjual dagangannya disini. Balikpapan juga memiliki kawasan Car Free Day saat weekend termasuk lokasi di lapangan merdeka ini. Gue sering banget jogging tiap weekend disini tapi gue kesini buat cuci mata guys. Lu bisa mandangin tuh cewek-cewek dayak yang parasnya sungguh menawan. Walaupun kota ini sangat panas karena berada di dekat garis Khatulistiwa tapi anehnya cewek-cewek kalimantan ini kulitnya putih-putih loh guys. Kok malah membahas cewek sih kasihan tuh para jomblowers yang bisa berharap doang dan sering di gantungin. HAHA... Peace Guys.

Lah lapangannya mana, itu tuh samping jalan ini. 
Kelihatan dikit doank 😁😁😁
Area jogging gue ya jalan ini kan lagi car free day.

4. Trans Studio Mini Transmart

Nah mungkin butuh refreshing dikit dengan wisata modern, lu bisa kesini guys trans studio mini. Gratis kok biaya masuknya cuma kalau lu mau main wahananya lu bisa beli tiketnya sekali main cukup bayar Rp15.000 - Rp25.000 tergantung keseruan wahananya. Disini lu bisa juga hunting foto di spot-spot tersedia seperti patung liberty, jembatan di london, dinosaurus, dan lain2nya.Waktu gue pertama kali kesini, kawasan ini baru diresmikan dan dibuka untuk umum tahun 2016 kemarin. Pas banget datang nyambut kedatangan gue di kota ini. HAHAHAH.... Jangan sirik ya guys.

Ini gue lagi sama sepupu gue dan keponakan

Ini dia patung liberty yang gue maksud tadi
kayak di new york gak guys 😜😜😜

5. Pantai Melawai

Pantai melawai ini cukup dekat dengan lapangan merdeka tadi guys, karena berada tepat di depan lapangan ini. Pantai ini sangat ramai pada pagi hari dan saat weekend karena warga balikpapan yang sehabis jogging dilapangan merdeka tadi bisa beristirahat sejenak dipantai ini sambil mendengar derau ombak dan menikmati sunrise disini. Masuk kepantai ini gak bayar kok guys, lu cuma bayar parkir kendaraan aja. Pantai ini sangat cantik dengan pasir putihnya dan cocok banget buat bersantai pagi hari bikin suasana hati kita nyaman deh.

Bagus banget pasirnya, putih seputih kulitku wkwkwk


Gue habis jogging sama teman2 gue nih, sekalian deh istirahat disini
sambil minum air kelapa muda. 😱😱😱

6. Pantai Manggar

Sama seperti pantai pada umumnya, pantai juga ramai dikunjungi saat weekend. Selain karena pantainya bersih dan berenang disini, banyak yang lu bisa lakuin dipantai ini. Dari main bola, main volley, takraw, banana boat semua bisa lu sewa disini. Disini juga banyak penyewaan tikar buat lu yang pengen piknik disini. Biaya masuk dipantai ini cukup bayar tiket Rp 5000/0rang dan Rp 5000/mobil. Cukup murahkan untuk bisa masuk dipantai ini diluar biaya sewa fasilitas yang gue sebutkan tadi.

Bersih bangetkan pantainya guys

Tetap eksis dengan selfie 😏

Gue lagi piknik sama teman2 kantor gue nih

7. Pantai Lamaru

Pantai lagi-pantai lagi, lah emang balikpapan kan kotanya dipinggir laut pasti banyak pantainya donk. Tapi tenang guys lu gak akan bosan deh kalau ke pantai ini. Suasana berbeda akan lu dapat disini, karena pantai ini sangat cantik dengan pohon-pohon pinus yang berjejeran di pinggiran pantainya. Selain itu, pantai juga memiliki fasilitas penginapan dan wahana ATV Riding disini. Pantai ini agak terbilang mahal dikit karena harga tiket masuk berkisar Rp 15.000/orang dan Rp 10.000/mobil. Gue kesini dalam rangka bakar-bakar ikan sekalian deh gue refreshing. 




Ini dia pohon pinus yang berjejer di sekitaran pantai lamaru
Aneh ya biasanya pohon kelapa ini malah pinus 😂😂😂

Bakar-bakar ikan Mantap

Gue ngapain ya ini, udah lupa hihi...


8. TPA Manggar Balikpapan

Hah gak salah tuh berkunjung ke TPA, itukan tempat pembuangan sampah umum. Jangan salah donk guys. Justru TPA Manggar ini keunggulan sebuah kota balikpapan yang tidak dimiliki kota-kota lain di Indonesia. Walaupun TPA tapi disini lu bisa berwisata sambil belajar tentang pengolahan sampah daur ulang. Jadi sekalian aja tuh guys lu edukasi disini. Tenang aja kok disini tidak bau dan tempatnya juga sangat bersih. Pemerintah Kota Balikpapan sangat serius dalam menangani masalah sampah kota sehingga dibuatlah TPA ini sebagai sarana edukasi. Disini lu bisa melihat pengolahan daur ulang sampah, tersedia juga taman baca, cafe, dan gazebo-gazebo disekitar TPA ini. Lu akan merasa puas dan ilmu lu akan bertambah soal penanganan sampah. Di TPA ini juga sangat rindang dengan pepohonannya, karena setiap sampah disini tiap harinya langsung ditimbun dan ditanami tanaman untuk penghijauan. Keren banget deh lu akan takjub banget disini. Gue harap semua kota di Indonesia ini bisa seperti Kota Balikpapan yang bisa mengatasi masalah sampah. Gak salah memang dengan slogannya yang BERIMAN. Good Job deh pokoknya buat kota ini. Check this my video in TPA Manggar....


TPA sebagai sarana edukasi

9. Masjid Islamic Center Balikpapan

Balikpapan juga tidak mau kalah donk keindahan masjidnya, lu bisa berwisata religi di masjid islamic center ini. Bentuk arsitekturnya yang megah dengan khas Timur Tengahnya lu bisa merasa kayak berada di masjid Nabawi Madinah. Jadi, desain payung seperti di Masjid Nabawi lu bisa temuin disini guys sekalian tuh bisa nambah foto kece lu di instagram. Selain beribadah lu bisa mengunjungi towernya guys karena kita bisa ke puncak tower sambil menikmati keindahan Kota Balikpapan dari menara ini. Masjid Islamic Center ini terbilang masih baru karena diresmikan waktu pertengahan ramadhan Tahun 2016 kemarin. Sebagai penduduknya yang mayoritas muslim gak salah pemerintah membangun masjid yang super megah ini sebagai tempat peribadatan maupun wisata religi sekaligus sebagai tempat pusat kegiatan keagamaan.





10. Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan

Kok bandara bukannya ini buat orang yang berpergian. Jangan salah donk guys bandara ini sangat canggih dan megah dengan bangunan modernnya. Bandara ini sangat berbeda dengan bandara lainnya di Indonesia karena bandara ini memiliki mal didalamnya. Busyet kaya benar nih kota, iya donk kota minyak. Bandara ini termasuk bandara terbaik ke dua di Indonesia setelah bandara kualanamu. Bandara ini memiliki khas dengan ornamen-ornamen khas borneo. Dari luar bandara lu bisa ke bukitnya dan hunting disana sambil lu menikmati sunset juga dari atas bukit ini sambil bisa ngelihat view langsung bandara sepinggan ini. Bandara ini termasuk green architecture karena didalam bandara ini banyak menghiasi tanaman-tanaman hidup jadi berasa didalam hutan gitu guys. Keren deh pokoknya, the bestlah buat bandara sepinggan ini.

Mal Bandara Sepinggan


Cantikkan bandaranya kalau malam hari

11. Bukit Bengkirai

Bosan dengan wisata pantai, lu bisa cobain tuh wisata alamnya. Bukit bengkirai ini berada cukup jauh dari Kota Balikpapan karena perjalanan kesana harus ditempuh selama 1,5 jam. Tapi, lu gak akan kecewa saat tiba disini karena lu bisa nyobain tuh gimana rasanya berada didalam hutan kalimantan yang termasuk paru-paru dunia nomor dua setelah hutan amazon. Tapi lu gak cuma menikmati hutannya aja kok guys. Jadi, Bukit Bengkirai ini terdapat canopy bridge yang berada 30 m dari atas permukaan tanah. Buat lu yang takut ketinggian gak di sarankan untuk nyoba. Dengan cukup membayar 10.000/orang lu bisa nyobain melewati jembatan ini. Menuju jembatan ini lu harus melewati ratusan anak tangga untuk sampai kepuncak, nah saat melewati jembatan ini harus satu-satu melewatinya jangan berbarengan takutnya kekuatan struktur jembatan ini gak kuat nahan beban lu yang penuh dengan dosa guys. HIHIHI..... Canopy Bridge ini membetang sepanjang 64 meter dan merupakan jembatan pertama yang ada di Indonesia. Berada di atas pohon bengkirai dan konstruksinya dibuat di Amerika dengan alat yang super canggih jadi lu bakalan aman melewati jembatan ini. Dari atas sini lu bisa tuh ngelihat keindahan hutan kalimantan ini. Jadi, Kawasan Hutan Bengkirain termasuk kawasan hutan lindung. Lu gak bisa asal tebang pohon disini. Kita perlu melestarikan hutan guys jangan sampai dirusak karena hutan adalah paru-paru dunia dan penyumbang oksigen terbesar yang membuat kita bisa hidup didunia ini.😏😏😏💪

Pengalaman Gue Saat melewati Bukit Bengkirai, Deg-degan juga sih


Ratusan anak tangga yang mesti lu lewati untuk sampai
ke atas canopy bridge


Lu yang disana sombong amat gak lihat gue
(Lah gue siapa perlu dilihatin, artis juga nggak😂)


This is Canopy Bridge

12. Lamin Etams Ambors

Nah ini dia yang terakhir gue datangi, dengan konsep wisata alamnya juga. Gue juga gak ngerti arti dari LAMIN ETAMS AMBORS mungkin itu bahasa banjar. Yang pada tahu koment dibawah ya guys. Jadi, Kawasan LEA ini berada di km 28 dari arah kota jalan trans balikpapan-Samarinda. Disini lu bisa mencoba fasilitas outbond sepuasnya dalam satu tempat. Karena di dalam tempat wisata ini banyak banget fasilitas wahana yang tersedia, lu bisa nyoba sepeda air, pemancingan, flying fox, gazebo, atv riding, terapi ikan, wanaha permainan lainnya dan disini juga terdapat kebun binatang mininya. Pokoknya lu bakalan puas berada disini, selain wahana diatas lu bisa piknik juga disini atau buat lu yang gak bawa bekal lu bisa makan di resto atau warung-warung yang ada disekitar tempat ini. Untuk masuk kesini lu harus bayar tiket Rp 15.000/orang diluar fasilitas tadi lu harus bayar kalau mau nyobain wahana yang tersedia tadi dari harga Rp 15.000 sampai harga Rp 75.000 sekali coba. Buat lu yang suka gratisan lu bisa coba terapi ikan ataupun nikmati di kebun binatang mininya dan sambil juga bersantai di gazebo yang tersedia. Gue waktu kesini cuma nyoba terapi ikan maklum penikmat gratis. HIHIHI.... Pemandangan disini juga gak kalah indah dengan bukit bengkirai tadi karena lu akan disuguhi pemandangan danau dan pohon-pohon yang rindang.


Nah ini yang pada nyari gratisan bisa cobain deh terapi ikan
cukup ramai ya guys, namanya juga gratisan 😂😁



Danau buatan yang berada didalam kawasan wisata ini
cukuplah buat menghilangkan galau sesaat.😭😭😭


Okelah, itulah kisah seperjalanan gue selama di Balikpapan walaupun gue disini dalam rangka urusan kerjaan tapi disempatkanlah juga ngetrip biar gak stress didepan laptop trus. Sebenarnya masih banyak sih yang belum gue kunjungi di Kota Balikpapan ini karena keterbatasan waktu dan kesibukan gue kerja termasuk beberapa wisata seperti penangkaran buaya, penangkaran beruang madu, wisata hutan manggrove dan lainnya. Mungkin suatu saat nanti kalau gue datang ke kota ini lagi gue kunjungi tuh tempat yang belum sempat gue eksplor. 

Terima kasih buat 8 bulan kemarin selama berada di Kota Balikpapan, pengetahuan gue semakin meningkat dan banyak tempat yang sebenarnya gue gak tahu jadi banyak tahu dan bisa saya share ke kalian untuk memotivasi dan juga sebagai bahan dasar buat lu yang ingin trip ke Kota Balikpapan ini. 

Sekian dulu guys dan wassalam...


Baca juga selengkapanya one-day-trip-in-manado-city







Komentar

  1. @stenote Thanks ya jangan lupa subcribe blog gue supaya bisa sharing :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Job di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara (2016)

7 Hal Yang Bisa Dilakukan di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah

One Day Trip Ambon, Maluku

Explore Weda, Desa Payahe (Air Terjun Sigela)