7 Hal Yang Bisa Dilakukan di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah

Halo guys, back to again dan kali ini gue akan share apa aja sih yang biasa gue lakuin kalau lagi bosan atau bete di kantor secara gue berada di kota yang bisa dibilang minim tempat wisata. Apalagi waktu pertama kali kesini gue bahkan gak tau mau ngapain aja dikota kecil ini kalau lagi bosan. Ini juga bisa lu lakuin apabila berada dikota kecil yang lu gak tau sejarahnya dan masih baru banget dan sama sekali belum tereksplore. Gue akan beri beberapa saran yang bisa lu lakuin juga biar bisa lu praktikkan disana.

Suba Meuw (Selamat Datang)

1. Berenang di Pelabuhan Weda

Nah buat lo yang suka banget berenang, lu bisa manfaatkan berenang di pelabuhan sambil beratraksi jumping ke laut. Kebetulan di kantor gue dekat banget ama pelabuhan dan tiap sore kita pasti berenang disana. Awalnya gue gak tahu sama sekali berenang guys tapi berkat kakak2 di kantor yang jail dan menjengkelkan hampir bunuh gue dengan melempar gue ke laut. Di kota weda inilah gue baru memberanikan diri untuk belajar berenang. Pertama kali gue yang harus lakuin itu harus bisa mengapung percuma lu bisa berenang kalau gak bisa mengapung. Kalau lu capek lu malah tenggelam. Proses ini gue lakuin hampir selama sebulan baru bisa betul-betul mengapung. Pertama kali gue belajar mengapung itu awalnya gue menggunakan pelampung dan lama kelamaan gue lepas pelampung gue dan kita harus benar-benar bisa tidak panik. Karena lu panik lu akan tenggelam. 

Jumper 


Lokasi: Pelabuhan Weda

2. Bermain Pasir di Pantai Desa Nusliko

Buat lu yang tinggal dikota yang ada lautnya pastilah kota itu memiliki pantai yang belum terekspos. Jadi, lu bisa manfaatkan tuh mengisi waktu kosong lu bersama teman-teman bermain di pantai. Kebetulan tempat gue juga gak jauh dari pantai yang masih sepi dan belum terekspos. Gue manfaatkan tuh mengisi kebosanan dengan bermain di pantai bersama teman2 kantor. Sekali-kali untuk merefreshkan otak karena kelelahan bekerja. Pantai yang gue datangi di weda ini pantai yang berada di desa nusliko. Pantainya keren banget dan masih banyak pohon kelapa yang berjejer pokoknya lu akan merasa bebas deh disini. Pantai ini masih belum terjamah sama anak-anak alay dan masih terjaga kebersihannya. Sekalian aja tuh lu bisa hunting foto kece buat lu upload di sosmed. 

ini gue main dipantai sambil nikmati es kelapa muda


Serius ama pandangin lautnya, ini lagi masa transisi
move on guys 😖


Ala2 model selebgram 

Ini gue lagi main smackdown, tapi cuma bercanda.
Iya bercanda tapi terbawa suasana juga mainnya 
jadi malah serius. Jangan di contoh ya guys.

Satu untuk siapa..... :D

Gimana foto gue, kece abiz kan guys. Pede amat gue 😁

3. Menikmati Kelapa Muda

Seperti yang gue bilang tadi, kota ini memiliki banyak pohon kelapa muda yang berjejer disekitaran pantai ataupun di pinggir-pinggir jalan. Gue manfaatkan juga nih menikmati kelapa muda yang langsung dipetik dari pohonnya. Kebetulan ada teman gue ini jago manjat kelapa akhirnya pergilah kita makan kelapa muda dipinggir pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Suasana jadi terasa adem dan gak ada beban. I feel Free......!!! Lokasi gue makan kelapa muda berada di desa nusliko, sebagian juga ada beberapa tempat di kota weda yang bisa kita petik kelapanya tapi harus minta izin dulu sama yang punya kebun. tapi, orang weda baik-baik kok mereka bahkan bersedia memetikkan kelapa muda untuk kita bawa pulang.

Makan kelapa ditengah hutan



Enjoy Coconut

4. Memancing dilaut lepas

Buat lu yang hobi memancing lu bisa memanfaatkan tuh momen yang pas. Nah, teman-teman gue itu pada hobi mancing dan pergilah kita mancing dengan modal sewa perahu nelayan. Hobi yang satu ini butuh kesabaran penuh guys karena lu butuh waktu beberapa jam untuk bisa strike. Ketika lu berhasil dapat ikan, lu akan merasa senang sekali karena perjuangan lu dan kesabaran lu tidak sia-sia. Disini gue juga pertama kali mancing dilaut lepas. Gue bisa merasakan bagaimana susahnya menjadi nelayan yang harus berjuang keras berangkat sore hingga pagi, kerja buat memenuhi kebutuhannya. Jadi, lu harus bisa bersyukur kalau lu lagi makan ikan. Lu harus ingat dibalik orang yang bisa buat lu makan ikan seenak ini. Strike gue dapat ikan kerapuh merah. Gue senang banget karena ikan ini adalah ikan yang mahal jika dijual. Segitu aja senang banget, biasa aja kali. Karena saking senangnya gue yang namanya mancing, gue sampe 3 kali ikut mancing dan tidak pernah menolak kalau diajak. Hehe... tapi gue perlu kesabaran penuh gue dari jam 5 sore ampe jam 12 malam mancing tapi cuma dapat 3 strike ikan. Kebayang gimana penuh kesabarannya gue dalam mancing tapi seru banget. Emosi lu di uji saat mancing apalagi kalau pancing lu tersangkut di batu karang kadang bikin tambah jengkel dan kesal.

Perjalanan mancing menggunakan perahu nelayan

Ini dia hasil tangkapan gue, Ikan Kerapuh Merah.
Mantap banget nih kalau dibakar terus dihidangkan
dengan cobek-cobek. Gue malah ngiler ngebayanginnya.😨

Ini waktu mancing pertama kali menggunakan
perahu nelayan

Ini gue mancing yang kedua, 
menggunakan perahu dayung

Video gue waktu mancing yang ketiga :D

5. Berenang di sungai

Kalau bosan berenang di laut, lu bisa coba hal lain berenang disungai. lokasinya cukup jauh dari kota weda memakan waktu 4 jam perjalanan. Lah itu keluar kota donk, bukan guys jadi gue ke sungai yang berada di sagea. Sagea ini masih dalam kawasan Kabupaten Halmahera Tengah dimana kota weda sebagai ibukota kabupatennya. Walaupun jarak yang jauh tapi gue niatin juga kesana. Lu gak akan bosan selama perjalanan karena lu disuguhi pemandangan yang sangat indah selama perjalanan menuju sagea. Dalam perjalanan lu juga mesti hati-hati bawa kendaraan karena medan jalannya tidak beraspal dan masih jalan berbatu yang akan menggoncang lu selama perjalanan. Gempa bumi kali mengguncang 😭

Disagea terdapat tempat wisata yang bernama Batu Lubang (Bokimoruru). Bokimoruru adalah kawasan yang terkenal akan guanya atau istilah lainnya batu lubang. Sayangnya gue gak masuk kedalam gua tersebut karena gak ada kapal yang dapat mengantar kami kedalam gua. Gua ini katanya tidak berujung, banyak yang sudah mencoba masuk kedalam gua dan tidak menemukan ujungnya sama sekali. Katanya didalam gua banyak ornamen-ornamen patung dan ada lapangan luas yang muat untuk upacara. Walaupun gak masuk kedalam gua tapi kita cukup puas kok dengan berenang disungainya. Airnya sangat dingin tapi jika lu sudah berendam akan terasa segar banget. 

Bahagia banget ya jadi jomblo 😂😂😂


Ini dia pemandangan yang amazing selama perjalanan.
Sayang banget kalo tidak diabadikan


Kenalan dengan teman baru asli penduduk weda



Bahagia itu sederhana kan guys.

6. Menikmati air terjun

Nah, kalau yang ini gue pernah bahas di artikel sebelumnya tentang air terjun payahe yang berada di desa payahe. Di artikel sebelumnya lu bisa baca dari perjalanan kesana dan bagaimana sampai gue bisa nemu nih air terjun.

Flashback nih, jadi air terjun ini gue tahu dari foto-foto instagram, karena udah bosan banget nih dikantor disaat weekend gak tau mau ngapain. Akhirnya gue menuju air terjun ini dengan bantuan bertanya ke orang-orang. Lu akan puas banget berada disini, air terjunnya ada 3 tingkat dan ada kolam di setiap tingkatannya yang bisa buat lu jumping dan berenang dikolam tersebut. Seperti di resort gitu guys tapi resortnya alami bukan buatan. Untuk info selanjutnya tentang air terjun ini, lu bisa baca di artikel gue sebelumnya. Explore Weda, Desa Payahe (Air Terjun Sigela)

Sigela Waterfall




Kolam Renang yang langsung terbentuk dari alam

7. Mencari Spot Hunting Foto

Buat yang hobi fotografer lu bisa lakuin nih mencari spot-spot foto yang bisa buat hunting. Di weda ini, gue milih hunting ditempat yang umum banget dari pelabuhan, pantai, laut, dan lain-lain gue jadiin spot buat foto kece gue. Dimanapun tempat pengambilan gambarnya yang penting lu harus jago memanipulasi dengan mengambil sudut angel-angel yang bagus buat foto, walaupun realitanya tempatnya itu biasa banget. Disinilah keahlian fotografer lu di uji bagaimana membuat sebuah foto yang biasa menjadi luar biasa.

Pulau Imam, Pulau ini adalah pemakaman umum.
Serem banget ya guys

Pelabuhan Weda

Pantai Weda

Beberapa hasil jepretan foto yang gue take
disekitaran kota weda. Gimana gue bisa jadi fotografer profesional.
Ngarep banget padahal cuma editan doank!!! 😓😓😓


Cocok kan kalo gue juga jadi pendukung objek
dalam foto. HIHI... jangan jeoulus ya guys😅

So, itulah yang gue bisa share saat gue berada di weda. Nah buat lu yang kerja di kota weda dan gak tau mau ngapain di saat weekend atau waktu kosong. Mungkin lu bisa nyobain pengalaman gue atau lu juga bisa lakuin di kota-kota tempat kerja lu guys. Pasti banyak yang bisa lu lakuin disana jangan cuma duduk diam bengong di rumah. Lu harus bisa manfaatin waktu lu biar gak kebuang sia-sia dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

SEKEDAR INFO, gue udah gak akan balik di kota ini karena proyek dan urusan gue udah selesai. HIkzz... gue bakalan rinduin kota ini dan semua apa yang pernah gue lakuin disini. Biarkan itu menjadi momen terindah dalam hidupku yang tidak akan gue lupakan. Kok gue jadi galau gini ya.. hmm...😓😔😕

Oke deh, nantikan petualangan gue selanjutnya di kota yang berbeda. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian. See u next time and good bye WEDA TOWN. 😢😢😢


Baca juga pengalaman pertama gue di kota weda : my-job-di-kota-weda-kabupaten-halmahera



     

Komentar

  1. Keren bro 👍, baru nemu nih artikel yang jelasin banyak tentang kota weda, btw gue penduduk asli kota weda cuma udah 2 tahun gk balik, pokoknya thanks deh udah buat artikel tentang tanah kelahiranku 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya bro udah baca blog gue, jgn lupa di share biar banyak orang tahu tentang kota Weda dengan keindahan alamnya yang luar biasa. :D

      Hapus
  2. Trimakasih buat share informasinya atas kota kecil Weda ini. Sangat membantu untuk orang yang ingin tahu dan akan pergi ke sana.
    Saya juga baru dengar nama kota ini pertama kali, karena mau antarkan anak saya tugas di kota ini. Dengan membaca blog anada ini, saya jadi punya gambaran apa dan di mana, juga bagaimana caranya untuk bisa sampai ke sana.

    Kota kecil nan cantik, dengan topografi yang menawan.

    BalasHapus
  3. Salam kenal bro dari aku.. Gua juga rencana mau ke weda tanjung ulie.. Ada Perusahaan wedabay.. Tapi gua Bingung x kesana katanya transport dari makassar itu tiba di bandara satu2 x di ternate ya.. 🤔

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Job di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara (2016)

12 Tempat Yang Bisa Dikunjungi di Kota Balikpapan

One Day Trip Ambon, Maluku

Explore Weda, Desa Payahe (Air Terjun Sigela)