My Job di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara (2016)

Kota Weda, diketinggian 100 m

Sebagai seorang insinyur kita harus siap ditempatkan dimana saja ada job. Kebetulan gue mendapat tawaran Job di Kabupaten Halmahera Tengah, Prov. Maluku Utara. Inilah adalah pengalaman pertamaku untuk menjelajahi Kawasan Timur Indonesia. 

September 2016.... dengan menggunakan pesawat Batik Air penerbangan dari Makassar Ke Ternate yang ditempuh selama 2 jam. Harga penerbangan Ke Ternate dari Makassar dibilang cukup murah sekitar Rp 500.000-600.000. Gue gak pernah terbayang sebelumnya bakal ditinggal di kota kecil seperti ini. Apalagi dalam jangka waktu yang lama karena urusan pekerjaan. Sebelumnya gua pernah merantau ke Kota Balikpapan selama 8 bulan, Namun gue memilih resign dari tempat kerja lama karena faktor gaji yg nunggak selama 2 bulan lebih.

Setibanya dibandara Sultan Babullah Ternate, gue dan teman2 menyewa mobil dan menuju ke penginapan. Selama di Kota Ternate gue sempat jalan2 ke beberapa lokasi wisata yg hitz di sana. (Nanti gue ceritain tempat apa saja yg gue kunjungi di Ternate)

Setelah nginap sehari, besok siangnya kami menuju pelabuhan speed untuk menyebrang ke pulau Halmahera tepatnya ke kota sofifi. lu bisa bayangkan menyebrang dengan spedboat seperti kita sedang naik rollercoster. Untuk sekali menyebrang gue harus bayar Rp 50.000/org kecuali jika ingin sewa speedboat sendiri bisa langsung nego aja sama orang d sana. Penyebrangan dengan speed ditempuh selama 45 menit tergantung mesin yang digunakan. ssaran jika ingin menyebrang ke halmahera gunakan speed yg 3 mesin biar cepat sampai. Gue pernah menggunakan speed yg 2 mesin dan sumpah abizz lamanya bukan main bisa sampai 1 jam lebih ditempuh. Gak kebayang lu dilautan lepas terkatung-katung dengan kapal sekecil itu.

Sesampainya di Kota Sofifi, kita harus sewa mobil lagi menuju kota Weda, gilee.. ini kota terpencil amat. Gak kebayang muka gue udah gak enak mikirin ntu kota yang bakalan gue tinggali. Perjalanan ke kota weda ditempuh selama 2 jam dengan harga sewa mobil 120.000/org. Jika ditotal waktu perjalanan gue itu ditempuh selama 5 jam dari Makassar menuju Kota Weda dengan lengkap sudah kita gunakan dari jalur elemen udara, air, dan tanah 😓. Pikiran gue benar-benar udah aneh deh pokoknya, gue harus merantau sejauh ini demi masa depan gue yg lebih baik. Kasihan banget deh gue. OMG HELLO kata Prilly. 😅

Setelah gue tidur diperjalanan selama beberapa jam, akhirnya tiba juga gue di kota weda ini. Pertama kali menginjakkan kaki sumpah ini kota sepi amat dengan kendaran. Jalanan ya lumayan luas tapi sepi. untuk kemajuan kota ini bisa dibilang lumayan dengan banyaknya mini market yang bertebaran dan warung2 masakan padang dan jawa. Ternyata, kota ini dihuni oleh banyak pendatang dari Makassar dan Jawa. Lumayanlah gue tinggal dikota yang gak ketinggalan amat, kantor gue lokasinya strategis dekat dari atm, pasar, mini market, dan warung2 makan. Kantor yang gue tempati nanti sekaligus juga sebagai tempat tinggal gue. Okelah itulah pengalaman gue merantau di Kota Weda, mungkin masih banyak yg belum mngenal kota ini. Jadi, Kota Weda adalah kabupaten Halmahera Tengah yang berada di Provinsi Maluku Utara. Kota ini tidak begitu luas, tapi cukup berkembang dengan banyaknya toko2  bertebaran di kota. Sekian dululah, nanti saya explore apa saja yang bisa dijumpai di Kota Weda. Sekian dan Wassalaam....

CAT. Budget yg keluar :
- Tiket Pesawat MKS-TERNATE = 600.000/org
- Sewa Mobil dari Bandara ke Penginapan = 250.000 (kalau naik ojek lebih murah hanya 40.000 menuju kota dari bandara)
- Penginapan per malam = 150.000/kmr
- Ojek menuju pelabuhan= 10.000/org
- Sewa Speed = 50.000/org
-Sewa Mobil = 120.000/org

TOTAL BUDGET YG KELUAR= Rp 1.180.000

Next 7-hal-yang-bisa-dilakukan-di-kota-weda



Komentar

  1. Brother bisa beritahu jalur klo mau kesana..

    BalasHapus
  2. Halo, ada nomer hp yang bisa dihubungi? Saya mau tanya perjalanan dari surabaya ke weda. Saya mau ke tempat teman saya yg bekerja di sinar terang mandiri

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Tempat Yang Bisa Dikunjungi di Kota Balikpapan

7 Hal Yang Bisa Dilakukan di Kota Weda, Kabupaten Halmahera Tengah

One Day Trip Ambon, Maluku

Explore Weda, Desa Payahe (Air Terjun Sigela)